Tips Agar Kamu Terhindar Dari “Overspending”

Nah sebelumnya kita sudah mempelajari pemicu belanja yang seringkali menjadi penyebab kamu melakukan sebuah keputusan untuk mengeluarkan uang. Pada tulisan kali ini, kita akan berbagi tips agar kamu bisa mengelola keuanganmu dari beragam pemicu belanja yang telah dibahas di tulisan sebelumnya.

Photo by Unsplash.com

Perasaan bosan, kesepian, khawatir, dapat menjadi beberapa faktor pendukung dalam sebuah pengambilan keputusan. Namun, kamu perlu memastikan terlebih dahulu kalau total pengeluaranmu masih masuk dalam bujet yang sudah ditentukan. Jangan sampai, lapar mata, dan faktor emosional lainnya ini membuatmu berujung dengan overspending. Lalu bagaimana nih kalau sudah terlanjur kejadian? Ini dia cara yang dapat membantu Kamu mengatur keuangan untuk menghindari overspending.

1. “Wait for it”,

Tunggulah dengan waktu yang ditentukan sebelum melakukan pembelian untuk memastikan apakah kamu benar-benar menginginkan barang tersebut atau tidak?

Coba tunda 3-4 hari ketika ada keinginan untuk membeli sesuatu. ketika dalam 3-4 hari tersebut kamu masih memiliki keinginan untuk membeli barang tersebut, sebaiknya kamu beli karena jika tidak akan membuat kamu stress dan secara tidak langsung akan menurunkan semangat kerja kamu. Namun jika setelah 3-4 hari keinginanmu menghilang, berarti kamu belum membutuhkan barang tersebut.

2. “Indecision decision”,

Ketika akan membeli barang dengan beberapa pilihan, tetapi kamu masih merasa sulit untuk mengambil keputusan, ada baiknya barang tersebut tidak perlu kamu beli, karena “When you really want something, the choice will be clear” .

Photo by Unsplash.com

3. “Something in, something out”,

Ketika kamu membeli barang yang tidak kamu butuhkan, sesuatu yang sudah kamu miliki, harus diberikan, disumbangkan, atau dijual. Walaupun kamu membeli barang baru, tetapi kamu dapat tetap mendapatkan keuntungan dari barang yang telah kamu jual. Metode ini bisa digunakan agar kita tidak menumpuk barang yang tidak berguna di kamar/rumah.

4. Sisihkan Pendapatan Minimal 20% ,

Pada saat setelah kamu menerima gaji. Pastikan , pengeluaran pertama yang dilakukan adalah tabungan atau investasi sebesar minimal 20% dari gaji yang diterima. Ingat di sisihkan bukan di sisakan!

Jika kamu sudah pernah mengalami overspending, nah cobalah dengan tips berikut, dan kamu juga perlu mengidentifikasi penyebab kamu mengalami overspending, supaya dapat mencegah agar hal ini tidak terjadi lagi kedepannya. Bila menahan godaan berbelanja terlalu berat untuk kamu, setidaknya siapkan dana khusus untuk berbelanja di momen-momen seperti ini setiap tahunnya. Dengan begitu, kebutuhan sehari-hari Kamu dapat tetap terpenuhi dengan baik tanpa terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *